"Pencernaan"

Pencernaan merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi kesehatan. Kalau pencernaan sehat seluruh organ tubuh yang lainnya juga ikut sehat. Pencernaan adalah suatu proses metabolisme makanan dengan melibatkan organ-organ tubuh yang saling berkaitan satu sama lainnya, yaitu mulut (tempat mengunyah makanan), kerongkongan (tempat lewat makanan & minuman), lambung (tempat melumat makanan ), usus halus(tempat menyerap sari-sari makanan) usus besar (tempat menyerap air & pembentukan feses) dan anus.
Semua organ pencernaan saling bekerja sama dalam memetabolisme makanan, namun fungsi usus cukup menonjol, antara lain :
  1. Usus sebagai tempat menyerap sari-sari makanan, usus sebagai pintu gerbang masuknya gizi dan diolah menjadi energi untuk sumber tenaga, untuk dikirim ke semua organ tubuh lainnya. 
  2. Usus sebagai tempat pembuatan sel-sel kekebalan tubuh, lebih dari 80 % sel-sel kekebalan tubuh terdapat di usus, contoh sel Macrofag ( sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memakan kuman, virus dan parasit), sel NK (Naturall Killer) pembunuh alami sel kanker. Setiap manusia memiliki sel kanker dalam jumlah yang banyak, bahkan sampai 6000 dalam satu hari, yang menyebabkan munculnya sel kanker sejauh ini belum ditemukan penyebab pastinya, namun bisa dilihat faktor resiko munculnya sel kanker yaitu gaya hidup dan lingkungan.
  3. Perkembangan otak dan pembentukan kecerdasan otak anak, erat sekali kaitannya dengan pencernaan, sehingga pencernaan sehat, semoga anak lebih pintar.
  4. Proses penuaan juga berhubungan dengan kesehatan usus, jika usus sehat, maka proses penuaan akan lebih lambat, & lebih awet muda.
  5. Usus juga tempat hidupnya bakteri , ada yang baik, netral dan merugikan. bakteri baik berfungsi untuk menciptakan barier untuk usus agar penyerapan gizi lebih baik dan sehat, bakteri netral hanya mengikuti kecendrungan, jika yang baik banyak, maka dia ikut baik dan sebaliknya, sedangkan bateri merugikan bersifat merusak usus dan memproduksi racun.
 Kesehatan usus dapat tercipta jika keseimbangan antara bakteri baik dengan bakteri jahat dapat dijaga dengan baik( bakteri baik 85 % dan bakteri jahat 15 % ). jika keseimbangan tidak bisa dijaga dengan baik, maka kita akan mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB, mencret/ diare dll. Untuk menjaga kesehatan usus caranya gampang yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat :  makan yang teratur, tinggi serat, olahraga yang cukup, gizi seimbang, istirahat yang cukup, kurangi stres dll. Namun menjaga pola makan yang teratur kadang-kadang susah dilakukan, untuk itu alternatif lainnya dengan menyenangi konsumsi minuman Probiotik ( Yakult dll.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desember Ceria